Minggu, 16 November 2008

Phinisi: Si Penjelajah Dunia

Teman-teman, pernakah kamu mendengar tenang kapal Phinisi? Jika belum, saya akan menceritakan kehebatan kapal ini.

Kapal Phinisi adalah kapal tradisional dari daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tepatnya, sekitar 170 kilometerke arah tenggara Makassar. Kapal ini ternyata telah ada sejak abad ke-7 Masehi.

Phinisi merupakan jenis kapal layer, namun berbeda dari jenis kapal layer lainnya. Kapal layar ini adalah kapal layar yang berlayar tujuh. Kapal ini memiliki dua iang layar dan dua kemudi. Panjangnya mencapai 20 meter dan lebar sekitar 6 meter. Untuk membuatnya kira-kira membutuhkan waktu sekitar 5 bulan.

Kapal Phinisi terkenal karena kerampingan, daya tahan, dan kelincahannya mengarungi lautan. Tidak heran jika kapal ini telah menjelajah buana ke berbagai wilayah dunia.

Teman-teman, kapl Phinisi buatan sekarang ternyata telah berlayar sampai ke Vancouver, Kanada, pada tahun 1986. Kapal tersebut bernama Phinisi Nusantara. Kapal layar ini juga pernah digunakan untuk wisata bahari pada bulan Sepember 2007. Hebat kan? Oh,ya apabila teman-teman ingin melihat kapal ini, kalian datang saja ke Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.

By : Anwi Kusuma/7 Bhe SBI

Tidak ada komentar: