Minggu, 16 November 2008

itek wikipedia

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk mengumpulkan seluruh ilmu pengetahuan manusia.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/b/bc/Wiki.png/100px-Wiki.png

Wikipedia bahasa Inggris mencapai 2.000.000 jumlah artikel pada 9 September 2007, dan pada 16 November 2008 memiliki 92.507 artikel, yang terdiri atas lebih dari 1.048.000.000 kata. Artikel Wikipedia ditulis secara bersama oleh sukarelawan di seluruh dunia, dan hampir semua artikelnya dapat disunting oleh siapapun yang memiliki koneksi Internet. Popularitas Wikipedia terus meningkat sejak pendiriannya, kini Wikipedia merupakan salah satu dari sepuluh situs web yang paling banyak dikunjungi.

Keistimewaan

Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, ia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat.

Wikipedia berawal sebagai projek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas online yang artikelnya ditulis oleh para ahli. Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia. Lima hari kemudian Wikipedia pun secara resmi diluncurkan.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/ca/Wikipedia_2005_Label_DVD_small.PNG/200px-Wikipedia_2005_Label_DVD_small.PNG

Perusakan

Salah satu wacana utama di dalam Wikipedia adalah "perusakan" atau vandalisme; kekonyolan atau menyinggung artikel situs ini. Ada banyak orang yang melakukannya hanya demi mendapatkan pengalaman mengubah halaman internet.

"Karena Wikipedia adalah proyek radikal yang bebas dan terbuka, ia menarik unsur anarkis," pengakuan Larry Sanger kepada Wired News. "Untungnya, banyak dari kita yang berkeinginan untuk bertahan terhadap perusakan... dan menyingkirkannya dengan segera."

nama:bayu setiaji

no absen: 02

kelas:7ASBI

Tidak ada komentar: