Rabu, 26 November 2008

Internet Gudangnya Ilmu

Akses internet sangat penting bagi kemajuan siswa-siswi SLTP/SMU di Indonesia karena jaman sekarang banyaknya kebutuhan akan ilmu pengetahuan yang harus dipenuhi oleh masing-masing anak. Seperti jika siswa akan membuat tugas yang berhubungan dengan sesuatu pelajaran, pasti anak tersebut akan mencari bahannya dalam internet dan sebagian buku yang dia baca. Tapi, walaupun begitu penulis atau pengarang buku tersebut sebagian besar bahannya diambil dari Internet dan sebagian oleh pemikiran penulis atau pengarang buku tersebut.
Di dalam internet tersimpan puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, milyaran, bahkan triliunan informasi yang terkandung di dalamnya. Sampai segitu banyaknya, kita jadi bingung memilih yang mana yang harus diambil informasi yang ada. Oleh karena itu, di dalam internet ada suatu cara untuk mencari informasi tersebut yang bernama “Google”. Google ialah situs yang amat sangat terkenal di seluruh belahan di dunia. Dengan Google kita dapat mencari bahan yang diperlukan tanpa harus membuka seluruh website yang ada. Alamat website nya berbeda-beda menurut negaranya dan tersedia berbagai bahasa, jika untuk indonesia situs Google-nya ialah : www.google.co.id.
Tanpa internet, kita akan kekurangan informasi yang ada. Akibat kekurangan informasi yang ada kita akan menjadi orang yang bodoh. Akibat menjadi orang yang bodoh maka orang tersebut akan menjadi gila atau stress. Nah, oleh karena itu internet sangat berguna bagi kita agar tidak menjadi orang gila atau stress.
Internet punya segudang isi yang ada antara lain permainan, horskop,gambar, dll. Di dalam internet ada cara untuk membuat situs pribadi dengan situs : www.blogger.com. Di situ kita dapat membuat situs pribadi yang akan ditampilkan di dalam website.
Internet dapat dinikmati dengan HP, komputer, atau yang lainnya. Internet dapat dinikmati hanya dengan cara jaringan yang mendukung dalam perangkat tersebut. Seperti jika menggunakan telepon rumah, kita memakai jaringan TELKOM dan dengan alat yang dinamakan “Speedy”. Speedy ialah alat yang digunakan untuk menyambungkan telepon rumah dengan komputer. Jika memakai yang lainnya, kita dapat menggunakan jaringan yang melalui HP kita, dengan menyetting GPRS jaringan tersebut.
Di dalam internet ada situs yang bernama : www.yahoo.co.id. Situs tersebut ialah situs yang berguna untuk kita saling mengirim pesan dengan cara chatting antar e-mail. Situs tersebut ialah situs yang terkenal dengan cara untuk mengirim pesan ataupun berita ke dalam e-mail kita. Seperti jika kita ingin berkirim surat ke sahabat kita tapi kita tidak punya HP, kita dapat mengirimnya melalui pesan dan dikirim ke sahabat kita dengan catatan kita dan sahabat kita sudah memiliki alamat e-mail sendiri.
Di dalam internet-pun juga ada permainan yang sering disebut “game online”. Game online ialah game yang kita mainkan bersama orang atau anak lainnya yang ada di belahan dunia yang sedang bermain game tersebut pada saat yang sama secara online atau dengan internet. Jadi, secara singkat game online ialah game yang menggunakan internet jika ingin mendapat teman untuk bermain dengan kita. Game online ada bermacam-macam jenisnya sehingga kita tinggal memilih mana yang kita inginkan untuk dimainkan.
Di dalam Internet juga ada istilah Wi-Fi. Wi-Fi ialah gelombang yang membebebaskan kita untuk masuk dalam internet tanpa kabel dan hanya dengan membawa laptop saja. Wi-Fi biasanya digunakan di lingkungan sekolah, tempat perbelanjaan, beberapa pom bensin, dll. Cara kerja Wi-Fi ialah perangkat kita istilahnya “dituntun” untuk masuk ke dalam Internet dengan bantuan gelombang. Jangkauan gelombang Wi-Fi bermacam-macam tergantun keinginan pemiliknya.
Internet masih menyimpan segudang kegunaan yang lainnya, dan jika kita bahas seluruhnya maka kita akan perlu waktu lama untuk membahasnya. Yang berada diatas ialah hanya kegunaan yang penting untuk kita bahas dan jika ada yang bersifat sama dengan kegunaan yang ada di atas maka yang di atas ialah yang paling amat populer dan terkenal.Sekian dulu pernyataanku tentang “Internet, gudangnya ilmu” berikut ini. Jika ada kata yang tidak berkenan di dalam hati anda, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Nama : Hafizh.F.P
Kelas : 7 B SBI

Tidak ada komentar: